. Manfaat Blog Bagi Guru - NoorKhafidzin -->

Manfaat Blog Bagi Guru


Dewasa ini banyak orang memiliki sebuah blog, mulai dari pelajar hingga guru sudah nge-blog, baik itu untuk mengisi waktu luang ataupun menyalurkan hobinya. Blog sendiri memiliki banyak manfaat, terutama bagi seorang guru. Manfaat blog bagi seorang guru yang utama yaitu sebagai media pembelajaran.Namun, ternyata masih banyak manfaat blog bagi guru.
Nge-blog bagi seorang guru bisa untuk mengisi waktu luang atau sekadar menghilangkan penat dari sebuah pekerjaanya. Tema blog guru juga bermacam-macam, mereka tidak hanya membahas masalah pelajaran saja. Banyak dari mereka membuat blog traveling bagi pecinta jalan-jalan, blog kuliner, blog teknologi, blog otomotif, dan lain sebagainya. Semuanya tergantung minat masing-masing seseorang dalam mengisi blog tersebut.
Dunia sudah memasuki teknologi 4.0. Perkembangan ini juga merambah ke dunia pendidikan, tak heran juga sekarang banyak guru yang nge-blog. Tetapi, masih ada guru yang belum bisa membuat blog bahkan tidak paham tentang internet, tapi tahu cara ber-WhatsApp-an.
Baca: Cara Membuat Blog Guru Gratis dan Mudah
Banyak guru yang nge-blog karena mereka iseng terus ketagihan karena dirasa bermanfaat. Manfaat blog bagi guru dapat kita simak pembahasannya sebagai berikut:

Manfaat blog bagi guru

1. Media pembelajaran

Blog akan menjadi media pembelajaran yang bagus bagi seorang guru. Jadi, guru bisa memberikan bahan pelajaran kepada siswa secara online kapan saja dan dimana saja. Bahkan bisa memberikan quiz online secara langsung ataupun dengan waktu yang sudah ditentukan. Dengan blog ini, para siswa akan mendaapatkan media belajar mereka yang telah ditulis oleh gurunya sebagai penunjang belajar mereka selain buku.
Blog guru ini juga bisa diakses oleh siswa sekolah lain bahkan oleh guru lain. Sehingga dalam blog bisa menjadi tempat diskusi yang menarik.

2. Tempat mengasah keterampilan menulis

Guru memang harus memiliki keterampilan menulis yang kreatif selain mengajar secara langsung di depan kelas. Keterampilan menulis ini akan digunakan ketika mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).
Keterampilan menulis seorang guru akan turun jika jarang dilatih. Dengan membuat blog, makan guru akan terus berlatih dan melatih keterampilan menulis ketika memposting artikel.

3. Media berbagi pengalaman

Berbagi pengalaman akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Bagi seorang guru yang tak mudah dalam melakukan kegiatan sehari-harinya, seorang guru akan membagikan pengalamannya di blog mereka.
Ketika ada seorang guru ataupun calon guru yang membaca permasalahan serta solusi yang dapat diambil, maka akan sangat bermanfaat artikel dari guru tersebut. Bahkan ketika artikel yang diposting memiliki daya tarik tersendiri oleh guru lain, bisa jadi mendatangkan inspirasi bagi guru lain.

4. Tempat menyalurkan hobi

Seorang guru yang hobi menulis akan sangat bermanfaat blog itu bagi dirinya. Guru bisa menyalurkan hobi menulisnya di blog. Atau, guru yang hobi jalan-jalan bisa memposting tentang perjalanannya saat traveling sehingga menginspirasi bagi banyak orang.

5. Memulai bisnis online

Tak sedikit guru yang memiliki jiwa kewirausahaan. Namun, tak banyak yang bisa menerapkan jiwa kewirausahaanya di dunia nyata, mungkin karena keterbatasan waktu untuk mengajar belum lagi mengoreksi pekerjaan siswanya.
Dengan mempunyai blog, seorang guru bisa merintis bisnis onlinenya. Memang tidaklah mudah untuk memulai bisnis online, namun seorang guru pasti punya banyak koneksi dan banyak teman guru sehingga bisa mempromosikannya kepada mereka bahkan meminta mereka untuk mempromosikannya.

Kesimpulan

Blog bagi seorang guru sangat banyak manfaatnya. Selain sebagai media pemelajaran bagi siswanya, blog bisa menjadi tempat mengasah keterampilan menulis bahkan tempat memulai bisnis online.
Itulah beberapa manfaat blog bagi guru.Semoga bisa menjadi inspirasi semoga bermanfaat.

logo
Berlomba-lombalah dalam kebaikan, fastabiqul khairat.
  • Twitter
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    Related Posts

    Buka Komentar
    Tutup Komentar

    0 Response to "Manfaat Blog Bagi Guru"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel