Tips Memilih Tema/ Template Blogger yang Baik - NoorKhafidzin

Tips Memilih Tema/ Template Blogger yang Baik

Tips Memilih Tema/ Template Blogger yang Baik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda untuk memilih tema blogger. 1. Responsif Responsif adalah ..
Tips Memilih Tema/ Template Blogger yang Baik

Setelah tahun lalu kita belajar Cara Mepercantik Blog dengan Mengganti Tema/ Template. Kali ini kita akan belajar bersama tentang Tips Memilih Tema/ Template Blogger yang Baik. Sebuah Blog itu ibarat sebuah rumah dan template adalah dekorasinya. Buat anda yang bingung memilih template blogger atau bosen dengan template blogger bawaan yang gitu-gitu aja, berikut mari kita belajar bersama Tips Memilih Tema/ Template Blogger yang Baik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda untuk memilih tema blogger.

1. Responsif

Responsif adalah sesuatu yang wajib ada di sebuah blog atau website, karena pengunjung blog tidak hanya memakai laptop/PC saja, bisa saja mereka memakai smartphone atau tablet. Bahkan resolusi layar dari smartphone berbeda-beda. Tapi, apa itu responsif? Dari yang saya pelajari, responsif adalah suatu fungsi atau fitur yang ditambahkan ke sebuah blog/ website agar tampilannya tidak berubah drastis/ masih dalam tema/ suasana yang sama baik itu pada tampilan PC, Tablet, maupun Smartphone. Fitur responsif ini akan menyesuaikan dengan sendirinya sesuai ukuran layar dari pengguna. Berikut ini contoh atau gambaran dari responsif pada template blogger.

template blogger responsif

Perlu Anda ketahui bahwa template blogger zaman sekarang semuanya sudah responsif. Jadi, Anda tidak perlu khawatir memilih template blogger.


2. Gunakan Template dengan Struktur Data yang Benar

Template blogger yang  baik adalah yang Struktur Datanya benar dan bisa di uji melalui layanan Google. Efeknya apa sih harus dicek segala? Efeknya dari template blogger yang memiliki struktur data yang benar akan membuat blog lebih cepat terindex oleh Google dan mudah dilacak oleh Google atau Search Engine yang lainnya. Sehingga, akan semakin banyak pengunjung blog kalian. Jadi, siapa yang tidak mau blognya dikunjungi banyak orang?

Untuk mengecek apakah template blog sudah benar struktur datanya dapat Anda lakukan di Pengujian Hasil Karya oleh Google.


3. Pilihan Warna

Jangan memilih template blogger yang berwarna-warni apalagi semua warna ada. Pilihlah kombinasi warna template blogger sesuai karakteristik Anda dan jangan berlebihan dalam memilih warna. Trend dari sebuah UI (User Interface) adalah tampilan yang minimalis, artinya tidak banyak warna yang akan ditampilkan. Pemakaian warna yang berlebihan juga gak enak dilihat, nanti malah membuat pengunjung blog kabur.


4. Dua Kolom

Tampilan blog terdiri dua kolom yaitu kolom pertama untuk postingan dan kolom kedua adalah sidebar bisanya digunakan untuk menempatkan widget. Biasanya template-template sudah menerapkan tampilan yang seperti ini.

Template blogger dengan dua kolom


5. Read More

Dengan adanya Read More postingan yang ada di halaman depan blog tidak panjang dan terlihat rapi. Template-template zaman dulu masih menampilkan semua postingan full text di halaman depan sehingga membuat blog lebih panjang dan lama untuk dimuat.


6. Lebar Tampilan Postingan

Sebenarnya ini subjektif, tergantung dari selera masing-masing orang. Tampilan yang lebar biasanya digunakan untuk artikel yang puanjang, Anda bisa temukan di blog atau website yang dikhususkan untuk menulis dan membaca, contohnya Medium


7. Widget

Jangan memasang widget yang berlebihan. Jadi inget dulu zaman SMP, bikin blog terus dipasangin banyak widget seperti musik, kalender, widget visitor yang bentuknya globe, dll. Bukannya jadi lebih menarik malah jadi norak. Kebanyakan widget juga akan mempengaruhi nilai estetik dan loading page yang semakin lama. Jadi, bijaklah dalam memasang widget.


8. Credit

Jika Anda memakai template blogger gratisan, usahakan tidak menghilangkan credit pembuat template. Hargailah sang pembuat template karena berkat jasanya Anda bisa memakai template blogger yang keren secara gratis, toh gak ada ruginya nampilin nama orang lain.


Kesimpulan

  1. Pilihlah Template yang responsif. Semua orang pasti menggunakan smartphone untuk berselancar dan mencari informasi. Jadi, pakailah template yang responsif agar pengunjung lebih betah di blog Anda.
  2. Kebanyakan user pasti lebih suka dengan tampilan yang clean/ bersih. Berhati-hatilah dalam pemilihan warna dan penempatan widget.
  3. Template yang bagus adalah yang loadingnya cepat dan struktur datanya benar. Kecepatan blog dipengaruhi oleh widget, gambar, dan komponen dari template seperti script dan CSS.