If any broken link, please Contact me!

Cara Mendaftarkan Blog Blogger Ke Google Search Console

Google Search Console adalah suatu layanan Google pengganti Webmaster Tools. Fungsinya berkaitan dengan SEO dari blog yang didaftarkan. Langkah mendaf
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Google Search Console adalah suatu layanan Google pengganti Webmaster Tools. Fungsinya berkaitan dengan SEO dari blog yang didaftarkan. Langkah mendaftarkan blog ke Google Search Console sangatlah mudah, apalagi untuk blog dari platform Blogger yang sekarang sudah sangat didaftarkan. Mendaftarkan blog ke Google Search Console tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Untuk langkah-langkah pendaftaran blog ke Google Search Console silahkan simak yang berikut ini.

Mendaftarkan Blog ke Google Search Control

Pertama buka Google Search Console.

Disana akan diberikan pilihan dua kotak, yang pertama Domain dan kedua URL prefix. Jika Anda memilih Domain maka Anda harus memiliki akses ke pengaturan DNS, yang hanya bisa dilakukan oleh blog yang menggunakan custom domain, seperti .com; .net; .id; dll. Sementara blog dengan subdomain asli blogspot tidak bisa karena tidak ada pengaturan tersebut. Kelebihannya, tidak perlu menuliskan http atau https sehingga lebih sederhana.

Kedua bernama URL prefix, pilihan ini bisa digunakan oleh blog dengan subdomain blogspot karena metode verifikasinya ada berbagai macam cara, tidak perlu masuk ke pengaturan DNS. Namun hanya bisa memilih satu protokol saja, yaitu http atau https. Tak masalah sebenarnya, karena Blogger sendiri sudah memberikan SSL (https) gratis, jadi tinggal daftarkan alamat blog yang berprotokol https saja.

Mari kita lanjutkan. Masukkan blog alamat lengkap blog dan klik tombol Terus (Continue).

Karena blog Anda adalah blog dari platform Blogger maka akan langsung terverifikasi jika Anda menggunakan akun Google Search Console yang sama dengan akun Blogger.

Jika Anda masih ragu, silahkan cek status verifikasi di Setelan - Verifikasi kepemilian. Akan nampak tampilan sebagai berikut.


Selamat, blog Blogger Anda sudah didaftarkan di Google Search Console. Step selanjutnya adalah menambahkan sitemap blog ke Google Search Console agar blog lebih mudah dicrawl dan terindex oleh mesin pencari.

Adapun fungsi dari Google Search Console antara lain:

  1. Menambahkan sitemap.
  2. Menampilkan kata kunci (keyword) apa yang paling sering muncul dalam pencarian mesin pencari dan seberapa sering orang meng-klik keyword tersebut. 
  3. Menampilkan posisi rata-rata halaman dari keyword tertentu. 
  4. Melihat berapa jumlah halaman yang sudah terindeks.
  5. Melihat jumlah rata-rata crawl halaman. 
  6. Menampilkan situs mana saja yang memberikan backlink ke blog Anda serta jumlahnya. 
  7. Menampilkan internal link serta jumlahnya. 
  8. Memberitahukan jika ada masalah pada blog Anda seperti pengindeksan, atau masalah lainnya. 
  9. Dan lainnya masih banyak lagi. Anda bisa menjelajahi fungsi lain ketika sudah mendaftarkan blog ke Search Console.
Sekian semoga bermanfaat 😊


About the Author

I like challenges and learning new things.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.