If any broken link, please Contact me!

Waspada! Video Game Dapat Mempengaruhi Otak

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Video game sangat populer di kalangan anak-anak dari segala usia. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat, perkembangan teknologi akan terus tumbuh lebih banyak lagi. Anak-anak bahkan orang dewasa memainkan video game sebagai mode hiburan mereka. Mereka memainkan video game ketika sedang bosan atau ingin beristirahat sejenak dari pekerjaan atau dari tugas sekolah/ kuliah.
Video game dapat mengubah pikiran dan suasana hati seseorang dan membuat mereka merasa lebih rileks dari sebelumnya. Karena permintaan video game yang terus meningkat, para ilmuwan telah meneliti untuk mengetahui efek dari video game pada otak manusia.

Video game dan perubahan pada otak manusia

Telah ditemukan bahwa game dapat menyebabkan perubahan di banyak wilayah otak. Studi menunjukkan beberapa perubahan struktural di otak karena video game dan juga beberapa perubahan dalam fungsi dan perilaku otak.

1. Meningkatkan perhatian

Kita membutuhkan fokus dan perhatian ketika bermain game, jika tidak, kita akan kalah dalam bermain. Oleh karena itu,video game dapat menghasilkan peningkatan beberapa jenis perhatian pada manusia, termasuk perhatian selektif dan perhatian berkelanjutan. Selain itu, daerah yang mencari perhatian di otak lebih efisien dalam seorang gamer dibandingkan dengan non-gamer, dan mereka membutuhkan lebih sedikit aktivasi untuk tetap fokus pada berbagai tugas, artinya mereka dapat lebih cepat fokus dalam mengerjakan berbagai tugas.

2. Ukuran otak

Bermain video game jua telah terbukti meningkatkan ukuran dan kompetensi bagian-bagian otak yang bertanggung jawab atas keteampilan visuospatial (kemampuan untuk mengidentifikasi hubungan visual dan spasial antara objek). Dalam jangka panjang, seoarang gamer yang telah lama bermain game maka hipokampus kanan mereka akan membesar.

3. Kecanduan game

Ketika berbicara tentang pecandu game, ada beberapa perubahan struktural dan fungsional dalam sistem penghargaan saraf (sekelompok struktur yang terkait dengan perasaan senang, motivasi, dan pembelajaran). Ketika kita mengekspos para pecandu game ini ke sinyal atau tanda apapun yang terkait dengan game, ini akan menyebabkan keinginan/ketertarikan yang amat sangat dan memonitor respons otak mereka terhadap pembahasan game tersebut.

4. Membantu meningkatkan daya ingat anda

Game pelatihan otak bahkan dapat membantu meningkatkan bentukan ingatan seseorang. Selain itu, dapat membantu dalam meningkatkan dua bidang kognitif secara signifikan lainnya, yaitu memori kerja dan perhatian berkelanjutan. Keterampilan ini mampu bertahan selama 6 bulan.

5.Penurunan penyakit yang berhubungan dengan otak

Ketika berbicara tentang penyakit, pasti semua orang menginginkan kehidupan yang bebas dari penyakit. Lalu bagaimana jika bisa dilakukan denganbantuan video game?
Ya, permainan berbasis strategi telah terbukti mendorong peningkatan fungsi otak pada orang dewasa dan dapat mencegah penyakit alzheimer dan demensia. Dengan ditambah sedikit pelatihan otak dapat membantu membalikan beberapa penurunan kerja otak yang berkaita dengan usia.
Secara keseluruhan, game-game ini terbukti dapat dapat menghilangkan stres, meningkatkan fungsi otak, menyembuhka penyakit, san sebaggai sumber hiburan. Tapi, selalu ada sisi kedua dari sebuah koin. Menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk bermain video game bisa berbahaya baginanak-anak maupun orang dewasa. Pada anak-anak dapat menghambat studi mereka dan bisa melemahkan penglihatan mereka karen apaparan sinar layar yang terlalu lama. Dan pada orang dewasa dapat menghambat pekerjaan mereka.
Oleh karena itu, bermainlah sedikit video game untuk memanjakan diri tetapi jangan terlalu lama karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan maupun pekerjaan.

About the Author

I like challenges and learning new things.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.